Selasa, 03 November 2015

Macam-Macam kopi di Indonesia









Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Ok,karena sebelumnya saya sudah membahas tentang sejarah kopi di Indonesia dan awal mulanya budaya ngopi. Sekarang saya akan membahas macam - macamnya kopi yang ada di Indonesia. Sebenarnya apa saja sih kopi yang ada di negeri kita tercinta ini,dan dari daerah mana saja sih ?

Indonesia merupakan salah satu negara penghasil kopi terbesar. Dan banyak kopi - kopi dari nusantara yang mendunia.

Menjawab pertanyaan diatas,tentang jenis atau macam - macam kopi di Indonesia dan asal daerahnya.

1. Kopi Toraja

Mungkin dari namanya saja kita sudah bisa menebak, bahwa kopi toraja berasal dari tanah Toraja, yaitu Sulawesi selatan. Kopi Toraja juga dikenal dengan kopi Celebes kalossi.
Keunikan dari kopi Toraja adalah rasa kopinya yang kuat dan kadar asamnya yang tinggi.

2. Kopi Aceh Gayo

Kopi Aceh Gayo merupakan slah satu jenis kopi Arabica. Yang memiliki rasa yang pahit dan dan kadar asamnya rendah. Berbeda dari Kopi Toraja yang memiliki kadar asam yang tinggi, kopi ini juga memiliki aroma yang khas.

3. Kopi Bali

Teryata Bali gak cuma terkenal dengan pantainya dan wisatanya yang indah Sob, karena kopi Bali juga terkenal, dan menjadi salah satu kopi terbaik di negeri kita.
Kopi Bali Kintamani adalah kopi daerah Bali yang memiliki rasa buah - buahan asam yang segar. Karena dari hasil penanamannya yang bersamaan dengan buah dan sayur - sayuran. Atau dikenal dengan penanaman tumpang sari.
Hemm....kebayangkan gimana segarnya kopi  ini. Selain itu kopi Bali kintamani memiliki citarasa yang lebih lembut dari pada kopi di daerah lain di Indonesia.



4. Kopi Arabika Wamena

Kalian pasti sudah tahu kan  kopi ini berasal dari mana ?
Ya, kopi ini memang berasal dari Wamena, Papua. Kopi ini tumbuh di lembah Baliem, selain itu kopi ini juga merupakan kopi Organik, karena  kopi ini tumbuh secara alami tanpa pupuk kimia. Untuk masalah rasa, kopi ini juga gak kalah sama kopi - kopi lain. Kopi wamena memiliki rasa khasnya sendiri, dan memiliki kadar asam yang cukup rendah.

5. Kopi Arabika dari Sumut

Kopi Mandailing adalah kopi Arabika yang berasal dari Sumatra Utara. Ciri khas kopi ini adalah kekentalan kopi hasil seduhannya, yang berbeda dari kopi Arabika lainnya. Kopi Mandailing juga memiliki aroma buah yang segar.

6.Kopi Luwak

Selanjutnya adalah Kopi Luwak, kalo kopi yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi kalian pecinta kopi. Kopi Luwak berasal dari Jawa
Tengah, Jawa Timur, Bali dan Sumatera.
Kopi Luwak sendiri berasal dari biji kopi yang dimakan oleh hewan Luwak/musang. Kemudian biji kopi yang tidak tercerna dengan baik oleh luwak, yang dikeluarkan bersama kotorannya tetapi masih berbentuk biji kopi. Yang selanjutnya dibersihkan dan diolah. Kopi Luwak memang memiliki rasa yang nikmat, mungkin karena rasanya yang nikmat, kopi ini dijual dengan harga yang cukup mahal.

Itulah diantara macam - macam kopi yang ada di Nusantara. Sebenarnya masih banyak lagi sob, kop - kopi nusantara yang lain. Tapi tidak mungkin kan kalo saya tulis semua,,,bisa - bisa tangan saya kriting. Hehehe...( lebay)





Cukup sekian artikel saya kali ini,

Wasalamu'alaikum Wr. Wb.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar